Monday, December 12, 2016

Inilah Prospek Lulusan Kimia Industri





Pembangunan industri adalah salah satu tujuan yang telah dicanangkan oleh pemerintah sehingga tentu saja mendapat dukungan penuh. Oleh karena itu diperlukan penguasaan teknologi oleh para generasi muda dalam melaksanakan tujuan ini untuk menyongsong era globalisasi mendatang. Salah satu bidang industri yang terbesar adalah Industri Kimia, sehingga memerlukan tenaga tenaga lulusan Kimia Industri yang ahli, terampil dalam menguasai Tehnik Kimia untuk mendukung dalam pengembangan dan penguasaan teknologinya.
Jurusan Kimia Industri adalah jurusan yang dari sekarang dan masa depan selalu memberikan peluang besar di dunia kerja, ini terbukti perusahaan perusahaan dalam lowongannya kerap membuka kesempatan yang seluas luasnya bagi para lulusan Kimia Industri. Terlebih, Indonesia adalah Negara berkembang dengan sumber daya melimpah sehingga menjadi sentra industri yang sangat menarik para penanam modal.
Bagi lulusan yang memilih jurusan Kimia Industri umumnya bekerja di bidang industri yang berkaitan dengan teknik kimia, lingkungan, pegawai negeri sipil, dan tenaga pendidik, tetapi pada dasarnya bisa juga bekerja di bidang mana pun seperti di perbankan, kepolisian, konsultan, dan jasa.
Peranan Kimia dalam bidang industri banyak sekali diantaranya dalam Industri Petrokimia yang mengolah bahan berasal dari Fraksi minyak bumi seperti Etilen dan Propilen, Industri cat dalam proses pencampuran zat zat sehingga didapat komposisi yang tepat, Industri makanan, Industri minyak bumi dan lain sebagainya.
Jadi Kimia adalah sangat luas pengaplikasiannya mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan semua industri memerlukannya. Maka sangat tepat jika lulusan SMP melanjutkan ke SMK di Kimia Industri karena banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga terampil lulusan teknik kimia, namun ketersediaan alumni jurusan ini masih terbatas.

0 komentar:

Post a Comment